Friday, April 30, 2010

Coklat Praline ..mmmm :)


Berhubung kalo beli coklat praline yang jadi itu harganya lumayan mahal…..gimana kalo iseng2 bikin sendiri aja…Mulanya, aku cari2 referensi di internet tentang cara2nya, lalu pergi ke toko buku buat baca2 trik n tips nya…(hehe, berhubung gampang, dibaca di toko buku aja, ga perlu beli bukunya ;P)
Trus…kebetulan si Ika pengen diajarin, jadi ya wes pas ke rumahnya minggu kemarin kita blanja2 ke Avia (Jl. Jaksa Agung Suprapto Malang, pokoknya di ujung jalan yang di pojokan itu  hehe).
Bahan2nya :
1. Coklat masak, bisa milih sbb : 
Dark Cooking Chocolate Compound : yang warnanya coklat gelap hampir kehitaman
White Cooking Chocolate Compound : warnanya putih (ntar bisa dikasih pewarna kalo pengen jadi warna-warni)
Milk Cooking Chocolate Compound  : udah ada campuran susunya, jadi rasanya lebih manis (kaya aku wakaka ;P)
Biasanya di toko kue tersedia berbagai macam merk : Collata, Couverture (yang paling enak katanya Couverture soale teksture lebih lembut)
2. Pewarna : pilih yang bahan dasarnya minyak, soale kalo bahan dasarnya air, ga bisa menyatu dengan coklat dan bisa menyebabkan coklat jadi menggumpal.
Berhubung kemarin ga nemu pewarna yang bahan dasarnya minyak, akhirnya kami beli Coklat Collata warna-warni (ada ijo, biru, pink, coklat muda, coklat tua), mirip kaya sabun batangan itu ;D. Harganya cuman 7500/batang
Mejanya berantakan ...
3. Isian coklat : paletta / selai buah - bisa milih sesuai selera (blueberry, stroberi) - , ato bisa diisi sesuai selera, misal : madu, kacang almond,  campuran keju+cream susu…Pokoke sesuka hati ;D. Oh ya jangan lupa pilih paleta yang ga berserat ya, biar lumer enak kalo dimakan …Nyuuum ;P
4. Icing sugar, kalo pengen tambah manis , biasanya sih coklat masak udah manis …jadi ga perlu tambah gula lagi..
Alat2nya :
1. Panci tim kecil : 2, panci untuk merebus air : 1
2. Cetakan coklat
3. Plastik Spluit (plastik segitiga, yang buat nyemprotin adonan itu loh ;D), ini optional, mo diganti sendok juga gpp. Pake ini buat masukin coklat ke cetakan biar rata dan hasilnya bagus ..
Cara bikinnya :
Di contoh ini aku bikin kombinasi warna putih n pink, kalo mo bikin, sesuai selera aja deh ;D
1.  Coklat batangan putih n pink disisir (bukan pake sisir rambut ;P), maksudnya disini : diiris tipis2 biar cepet leleh kalo dipanasin. Masukkan masing2 ke panci tim yang kecil. Btw putih sama pink nya dipisahin ya…
2. Rebus air, ga perlu sampe mendidih yang blukuthuk2 itu. Cukup sampe keluar gelembung2 kecil, lalu angkat. Tim coklat di panci kecil, ke dalam air panas tadi (Tahu maksudnya kan? ). Aduk pelan2 dan hati2 sampe meleleh semua. Jangan sampe coklatnya kemasukan air, soalnya coklat bisa menggumpal, dan nanti jadinya kurang bagus.
3. Masukkan coklat leleh tadi ke plastik spluit , jadi 2 : pink sendiri dan putih sendiri
4. Dengan plastik spluit semprotkan (halah, istilah lainnya apa ya?) coklat putih ke cetakan (separo tinggi cetakan doank), lalu masukkan ke frezer +- 5 menit, sampe coklat mengeras.
5. Keluarkan dari frezer dan isi dengan paleta (isian lain) sesuai selera , jangan sampe penuh dan usahakan isian tepat di tengah2 coklat tadi biar hasilnya bagus.
6.  Semprotkan coklat yang pink, sampe cetakan penuh. Kalo perlu cetakan diketok2 dikit ke meja, biar rata ;P
7. Masukkan frezer lagi, 5 menit aja. Lalu keluarkan dari cetakan dengan hati2. Dan hasilnya kaya gini
 
Kalo isiannya ga tepat di tengah2, hasilnya ngintip kaya gini ;D

Lebih parah lagi, kalo coklat yang mo dicetak udah agak beku (karena jumlah cetakan terbatas, jadinya nunggu kelamaan ;D)..maka jadinya coklatnya ga bisa menyatu dengan sempurna, bahkan bisa susyaaah banget dikeluarkan dari cetakan. Sampe2 harus mecahin satu piring (gara2 diketok2 disitu wakaka), dan parahnya lagi harus dicongkel pake pisauu hahahaha….(Ini mah ulahnya Ika..)

Nah…kalo udah selesai dan hasilnya cantik2 tinggal dimasukin ke tempat yang bagus, dihias pake pita, trus bisa dibuat hadiah buat siapa aja (buat orang yang istimewa juga boleh, suami apalagi ;P )…Dijamin , ketagihan dan pengen lagi ;D
Hmm…kayaknya cocok juga buat kue hari raya …



from : mystique


aaaaa..mau buat coklat kaya gini deh,terus di jual di 92..
uaaaa,maumaumau !!!
ntar gua buat dah (asek)






Fitraa

No comments:

Post a Comment